skip to main | skip to sidebar

Sedikit Ilmu Yang Berguna

  • Entries (RSS)
  • Comments (RSS)
  • Home
  • About Us
  • Archives
  • Contact Us

Wednesday, November 16, 2011

Bore Up Matic Beat dan Scoopy

Posted by randiadma at 11:11 AM
Bore up adalah mengganti ukuran piston agar lebih besar. Biasanya akan timbul perbedaan di pen piston pada stang piston, juga rumah pen piston. Bore up biasanya adalah teknik menaikan volume ruang bakar sehingga bahan bakar dan udara buat pembakaran dalam mesin dapat lebih banyak diperoleh dengan perbandingan rasio kompresi yang tinggi yang menghasilkan energi lebih besar (torsi mesin) dan putaran mesin yang lebih tinggi (RPM)





Paket Bore Up Honda Beat dan Scoopy masih jarang. Yang baru saja nongol keluaran Kawahara. Lengkap termasuk blok, piston, ring, klip dan paking.

Piston yang digunakan punya diameter 54,5 mm. Bisa dipakai harian dan balap resmi. “Karena kapasitas silinder 128,2 cc. Tidak melanggar regulasi,
Bentuk piston racing. Enaknya kompresi bisa dipilih. Jika pakai 1 paking blok silinder rasio kompresi 13,5 : 1 cocok untuk balap. Kalau paking blok dipasang 2 lembar 12,21 : 1, bisa untuk harian.








Lebih pasti enaknya diuji yuk. Menggunakan BeAT 2008 yang power awalnya hanya 7,26 dk. Dipasang paket bore up dengan paking blok dua lembar. Karena untuk harian. Semua serba standar. Knalpot, kem, lubang porting dan CDI asli pabrik hanya bore up 128,2 cc. Power mencapai 8,52 dk.

Coba pasang CDI Racing BRT Dual Band. “Dari hasil pengetesan, tenaga motor kembali naik jadi 8,74 dk,” terang Suar, operatordynotest dari BRT.

Paling mengagetkan ketika sudah ganti knalpot racing. Jajal knalpot R9 atau Racing Generation khusus BeAT. Power naik jadi 10,3 dk.

Berarti bisa disimpulkan. Kapasitas mesin sudah naik harus diimbangi pembuangan lancar. Kudu pakai pipa buang racing supaya hasilnya memuaskan. Power yang sudah besar ini hanya pakai tiga part. Paket bore up Kawahara, CDI BRT dan knalpot R9. Kondisi ruang bakar belum dilakukan pelebaran squish.

Termasuk karburator dan spuyer masih standar pabrik. Karena dari hasil pengukuran AFR (Air Fuel Ratio), menggunakan spuyer standar masih basah. Padahal tetap menggunakan boks filter namun sudah lepas filter kertasnya.

Pada saat tes dilakukan, juga belum dilakukan penggantian kem. Jika menggunakan kem racing macam Kawahara K1, kenaikan power diyakini akan bisa lebih besar lagi. Diperkirakan bisa nambah 1,5 dk lebih. Minggu depan kita lanjut tes kem juga ya. Apalagi jika diikuti dengan pembesaran lubang porting. Tenaga mesin bakal ikut melonjak.

Tes di atas memang ditujukan buat yang masih awam. Artinya, walau mekanik pemula pun bisa melakukan pemasangan paket bore up itu. Tidak perlu korek juga sudah oke. Untuk yang pengin atau tetap masih menggunakan knalpot standar juga bisa. Biar hasilnya bagus, tentu harus dibobok.
Nah ini juga penting sobat,janganlah asal melakukan bore up. Sebelum melakukan bore up, perlu pemahaman terhadap batas limit ukuran diameter dalam silinder osi sebelum dibesarkan atau dicolter. Tiap motor memiliki ketebalan liner yang berbeda.ok,,,,


Email This BlogThis! Share to X Share to Facebook

0 comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)

Sponsored

  • banners
  • banners
  • banners
  • banners

Blog Archive

  • ►  2012 (61)
    • ►  June (2)
    • ►  May (9)
    • ►  April (19)
    • ►  March (27)
    • ►  February (1)
    • ►  January (3)
  • ▼  2011 (44)
    • ►  December (2)
    • ▼  November (11)
      • karakteristik golongan darah kita
      • chord gitar n lyrics blink 182 all the small things
      • CARA MODIF BUAT TOURING GAN....
      • Tes CDI untuk SATRIA FU 150
      • PE 28 ori, kw1, kw2, atau kw3 ???
      • TIPS MERAWAT KARBURATOR VAKUM Carburator Vaccum Ag...
      • SATRIA FU 150; SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR
      • Bore Up Matic Beat dan Scoopy
      • Suzuki Satria FU 150 Modification
      • kegiatan kerja kelompok struktur data
      • cara check handphone
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  May (1)
    • ►  April (16)
    • ►  March (8)

Followers

Clock Widgets

About Me

My photo
randiadma
Saya Mahasiswa UAD, Jurusan Teknik Informatika,
View my complete profile

My Fuckkn Facebook

Randy Mix Emax

Buat Lencana Anda

Followers

Powered by Blogger.

Blog Archive

  • ►  2012 (61)
    • ►  June (2)
    • ►  May (9)
    • ►  April (19)
    • ►  March (27)
    • ►  February (1)
    • ►  January (3)
  • ▼  2011 (44)
    • ►  December (2)
    • ▼  November (11)
      • karakteristik golongan darah kita
      • chord gitar n lyrics blink 182 all the small things
      • CARA MODIF BUAT TOURING GAN....
      • Tes CDI untuk SATRIA FU 150
      • PE 28 ori, kw1, kw2, atau kw3 ???
      • TIPS MERAWAT KARBURATOR VAKUM Carburator Vaccum Ag...
      • SATRIA FU 150; SETING KOREK HARIAN BUAT PELAJAR
      • Bore Up Matic Beat dan Scoopy
      • Suzuki Satria FU 150 Modification
      • kegiatan kerja kelompok struktur data
      • cara check handphone
    • ►  October (1)
    • ►  September (5)
    • ►  May (1)
    • ►  April (16)
    • ►  March (8)
 

© 2010 My Web Blog
designed by DT Website Templates | Bloggerized by Agus Ramadhani | Zoomtemplate.com